Kenali Potensimu

Melalui Tes Intelegensi dan Minat Bakat Online

Pelaksanaan:
20 Mei 2023
Batas pendaftaran: 15 Mei 2023
0
0

Pelatihan dan Sertifikasi

LPTUI menyediakan program pelatihan/ workshop/ seminar baik secara luring maupun daring yang memberikan solusi bagi institusi atau organisasi membangun kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja dan membangun sinergi sehingga tujuan institusi atau organisasi dapat tercapai.

Selain itu, LPTUI juga turut menyediakan program sertifikasi sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan memastikan kompetensi yang telah teruji (yang didapatkan) melalui pembelajaran, pelatihan, dan pengalaman praktis.

Fokus layanan ini adalah membangun kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan guna meningkatkankan kinerja dan sinergi untuk mencapai tujuan organisasi maupun karier.

In-House Training

Outline:

  • Pahami umpan balik dan teknik coaching.
  • Perjalanan teknik coaching yang efektif.
  • Memahami dan mempraktekkan metode coaching.

Durasi: 2 Hari

Target peserta: Manager dan General Manager

Kompetensi yang disasar:
☑ Kerja sama
☑ Komunikasi
☑ Orientasi pada Hasil
☑ Pelayanan publik
☑ Pengembangan diri dan orang lain
☑ Mengelola perubahan
☑ Pengambilan keputusan
☑ Perekat bangsa

Outline:

  • Memahami konsep coaching oleh pemimpin.
  • Memahami pola pikir dan keterampilan dalam melakukan coaching.
  • Memahami GROW Coaching Model.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑ Kerja sama
☑ Komunikasi
☑ Orientasi pada hasil
☑ Pelayanan publik
☑ Pengembangan diri dan orang lain
☑ Mengelola perubahan
☑ Pengambilan keputusan
☑ Perekat bangsa

Outline:

  • Peran, fungsi, dan manfaat konseling.
  • Sikap dasar konselor.
  • Peran budaya Indonesia dalam konseling.
  • Persiapan dan pelaksanaan proses konseling.
  • Keterampilan komunikasi interpersonal.

Durasi: 5 Hari

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi
☑ Pelayanan publik
☑ Orientasi pada hasil
☑ Pengembangan diri dan orang lain

Outline:

  • Menentukan kebutuhan khusus individu.
  • Mengidentifikasi prosedur kelembagaan dan kode etik.
  • Identifikasi bagaimana mengartikulasikan nilai-nilai pribadi dan menyelaraskan dengan nilai organisasi.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf dan Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Integritas

Outline

  • Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang isu-isu keragaman dan inklusi.
  • Menerapkan kerangka budaya untuk menganalisis nilai dan kepercayaan budaya yang berbeda.
  • Merefleksikan dan mengartikulasikan nilai dan keyakinan budaya pribadi.
  • Menerapkan pengetahuan tentang nilai-nilai budaya dan kepercayaan di tempat kerja.

 

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf dan Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Perekat bangsa

Outline:

  • Relasi dalam lingkungan sosial/pekerjaan.
  • Identifikasi situasi berbahaya.
  • Pengenalan terhadap Psychological First Aid.
  • Pengenalan terhadap dukungan sosial.
  • Fasilitas/layanan kegiatan dukungan sosial.
  • Keterampilan dalam memberikan dukungan sosial.

Durasi: 2 hari

Outline:

  • Mengenali dan menghilangkan kesalahpahaman karier obstruktif.
  • Mengidentifikasi keterampilan untuk mengelola waktu dengan lebih baik untuk hasil yang produktif.
  • Mengidentifikasi pemborosan waktu dan bekerja dengan alat untuk menghadapinya.
  • Teknik, alat, dan strategi praktis untuk mengatasi hambatan terhadap efektivitas pribadi dan keunggulan karier.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf

Kompetensi yang Disasar:
☑ Kerja sama
☑ Orientasi pada hasil

Outline:

  • Memahami proses komunikasi.
  • Jenis-jenis komunikasi.
  • Mendengarkan secara aktif dan efektif

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf dan Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi

Outline:

  • Merancang dan menulis naskah pidato.
  • Membuat proposal.
  • Menyusun laporan.

Durasi: 1-2 Hari

Target Peserta: Staf dan Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi

Outline:

  • Menetapkan dan mencapai tujuan pribadi.
  • Menentukan tujuan yang lebih baik dan action plan.
  • Mengidentifikasi motivasi dan identitas diri untuk membantu mencapai tujuan.
  • Membuat dan mengevaluasi action plan harian, mingguan, dan bulanan.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf

Kompetensi yang Disasar:
☑ Orientasi pada hasil

Outline:

  • Merencanakan secara efektif untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional Anda.
  • Mengevaluasi prioritas Anda.
  • Mengenali dan mengatasi hambatan.
  • Mencegah dan mengelola krisis.
  • Mengelola sumber daya secara efektif dan efisien.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf, Supervisor, Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Orientasi pada hasil

Outline:

  • Menyadari pentingnya membuat keputusan yang baik di tempat kerja.
  • Mengidentifikasi langkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan.
  • Menghindari kesalahan umum pengambilan keputusan.
  • Membuat keputusan yang lebih efektif.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf, Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Pengambilan keputusan

Outline:

  • Mengenali nilai-nilai yang bersaing dalam organisasi Anda.
  • Memperoleh pengetahuan untuk merancang prosedur dan proses yang mengarah pada hasil etis.
  • Mempelajari cara membuat keputusan sulit yang melibatkan tanggung jawab etis kepada banyak pihak.
  • Mengintegrasikan berbagai nilai pemangku kepentingan ke dalam strategi yang koheren untuk membantu mereka menanggapi tantangan etika.
  • Mengembangkan kemampuan untuk memimpin melalui dilema yang menantang dan nilai-nilai yang bersaing untuk mempromosikan pengambilan keputusan yang etis.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: General Manager, Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑  Integritas
☑  Pengambilan keputusan

Outline:

  • Kejelasan tujuan (clarity of purpose).
  • Team SOAR/SWOT.
  • Memimpin proses kerja yang efektif dan efisien.
  • Menjaga sinergi dan kerjasama.
  • Mengoptimalkan potensi seluruh sumber daya.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: General Manager, Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑ Kerja sama
☑ Orientasi pada hasil
☑ Pengembangan diri dan orang lain

Outline:

  • Memahami asertivitas.v
  • Gaya komunikasi (tegas, pasif, agresif, pasif-agresif).
  • Komponen perilaku komunikasi.
  • 7 langkah untuk bersikap asertif.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi

Outline:

  • Menemukan inner strength dari potensi komunikasi Anda.
  • Mengelola percakapan yang sulit.
  • Berkomunikasi lintas budaya.
  • Memaksimalkan potensi persuasif Anda.
  • Penampilan eksekutif

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Manager, General Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi

Outline:

  • Merencanakan secara efektif untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional Anda.
  • Mengevaluasi prioritas Anda.
  • Mengenali dan mengatasi hambatan.
  • Mencegah dan mengelola krisis.
  • Mengelola sumber daya secara efektif dan efisien.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Staf, Supervisor, Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Orientasi pada hasil

Outline:

  • Mengkomunikasikan kasus bisnis untuk kepekaan terhadap keragaman.
  • Mengembangkan keterampilan untuk mengelola perbedaan secara lebih efektif.
  • Menunjukkan keterampilan perilaku yang memfasilitasi komunikasi terbuka tentang perbedaan budaya.
  • Meneliti bagaimana stereotip terbawa ke tempat kerja.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Perekat bangsa

Outline:

  • Membangun keahlian kepemimpinan global.
  • Meningkatkan efektivitas lintas budaya.
  • Meningkatkan manajemen tim yang beragam.

Durasi: 1 Hari

Target Peserta: General Manager, Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑ Perekat bangsa

Outline:

  • Pola pikir dan orientasi pelayanan.
  • Hirarki kepuasan pelanggan.
  • Momen kebenaran (moment of truth).
  • Menangani situasi sulit.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Staf, Supervisor

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi
☑ Pelayanan publik

Outline:

  • Mengidentifikasi pendorong layanan sektor publik.
  • Merancang layanan pelanggan.
  • Melibatkan karyawan dengan nilai-nilai organisasi.
  • Membangun proses yang efektif.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Manager, General Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Pelayanan publik

Outline:

  • Merancang dan menyampaikan kebijakan yang benar-benar strategis.
  • Memahami faktor-faktor yang membuat perbedaan antara kebijakan yang berhasil dan kebijakan yang gagal.
  • Mengidentifikasi dan mengelola risiko kebijakan.
  • Memiliki kerangka kerja untuk memantau dan mengevaluasi dampak kebijakan serta dapat menyesuaikannya.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: General Manager, Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑ Pelayanan publik

Outline:

  • Secara akurat mengidentifikasi masalah sebenarnya dalam situasi tertentu.
  • Langkah-langkah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Pendekatan kreatif dalam memecahkan masalah.
  • Memetakan konsekuensi dari keputusan alternatif.
  • Memastikan keputusan Anda selaras dengan strategi Anda.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Manager, General Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Pengambilan keputusan

Outline:

  • Secara akurat mengidentifikasi masalah sebenarnya dalam situasi tertentu.
  • Langkah-langkah pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Pendekatan kreatif dalam memecahkan masalah.
  • Memetakan konsekuensi dari keputusan alternatif.
  • Memastikan keputusan Anda selaras dengan strategi Anda.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Direktur

Kompetensi yang Disasar:
☑ Pengambilan keputusan

Outline:

  • Merancang dan menulis naskah pidato yang menginspirasi.
  • Membuat proposal bisnis.
  • Menyusun laporan bisnis.

Durasi: 1-2 Hari

Target Peserta: Manager, General Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Komunikasi

Outline:

  • Dasar-dasar Business Process dan SOP.
  • Komponen dan tahap penyusunan SOP.
  • Format dan teknik pembuatan SOP.
  • Menerjemahkan bisnis proses ke dalam SOP.
  • Menyusun SOP berdasarkan bisnis proses.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Manager, General Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Mengelola perubahan

Outline:

  • Mempromosikan kejujuran dan komunikasi terbuka.
  • Menciptakan peluang untuk kolaborasi kreatif.
  • Membiarkan tim mengatur diri sendiri.
  • Menjadi jelas tentang peran dan tanggung jawab.
  • Memberikan umpan balik terus menerus.

Durasi: 2 Hari

Target Peserta: Supervisor, Manager

Kompetensi yang Disasar:
☑ Kerja sama
☑ Komunikasi
☑ Orientasi pada hasil
☑ Pengembangan diri dan orang lain

Outline:

  • Pengenalan tentang Psikologi dan penerapannya di perusahaan.
  • Aplikasi ilmu psikologi dalam rekrutmen.
  • Aplikasi ilmu psikologi dalam penempatan dan pengembangan karyawan.
  • Coaching dan
  • Teknik memotivasi karyawan.
  • Manajemen stres.

Durasi: 1-2 Hari

Public Training

Deskripsi:

Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI) bekerja sama dengan Agents of Behavior Change (ABC) menyelenggarakan program Applied Behavior Analysis (ABA) Supervisory Certification Program Class of 2023. Program sertifikasi menjadi supervisi dalam bidang Applied Behavior Analysis (ABA) yang berjalan selama satu tahun akan difasilitasi oleh anggota ABC yang telah tersertifikasi secara internasional oleh Board Certified Behavior Analysts (BCBA). Program ini memberikan pembelajaran lengkap mengenai Applied Behavior Analysis dan di dalamnya terdapat penerapan ABA dalam konteks klinis, pendidikan, dan organisasi.

Outline:

  • Konsep dan prinsip analisis perilaku.
  • Pengukuran dan desain eksperimental.
  • Etika dan profesionalisme.
  • Pengaplikasian perubahan perilaku.
  • Identifikasi dan asesmen ABA.
  • Intervensi dan implementasi ABA.
  • ABA dalam seting gangguan perkembangan.
  • ABA dalam seting organisasi.
  • Supervisi

Durasi: 1 tahun

Deskripsi:

Program workshop ini merupakan salah satu teknik pengajaran dengan pendekatan Applied Behavior Analysis (ABA). Teknik pengajaran DTT berfokus pada langkah-langkah belajar yang sederhana dan terstruktur, serta terbukti efektif diterapkan dalam proses ajar mengajar anak dengan autism spectrum disorder (ASD) ataupun anak berkebutuhan khusus (ABK) lainnya.

Outline:

  • Pengenalan DTT:
    • Konsep dan tujuan DTT.
    • ABC Contingency dalam DTT.
    • Target perilaku, teknik pairing, stimulus, dan prompting.
    • Teknik pengajaran DTT: Errorless Learning, Mass Trial, Random Rotation.
  • Penerapan DTT:
    • Fading prompt, preference assessment, inter-trial interval token, procedure error correction.
    • Teknik pengajaran DTT dengan program kurikulum Verbal Behavior.
    • Pencatatan perilaku

Durasi: 2 hari

Deskripsi:

Program workshop ini memberikan pemahaman yang lengkap terkait penerapan Applied Behavior Analysis dalam konteks sekolah, manajemen kelas yang efektif, serta pengadaan kelas yang inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Outline:

  • Penerapan ABA dalam konteks sekolah.
  • Manajemen kelas yang efektif.
  • Pengadaan kelas yang inklusif bagi ABK.

Durasi: 2 hari

Deskripsi:

ABA Webinar Series merupakan rangkaian pelaksanaan webinar dengan berbagai macam topik terkait Applied Behavior Analysis dalam konteks klinis, pendidikan, dan organisasi.

Durasi: 1 hari

Webinar yang sudah berlangsung:

  • Behavior Management to Support Children Learning Process
  • Parenting with Applied Behavior Analysis (ABA)
  • ABA for Teachers

Deskripsi:

Program sertifikasi ini memberikan pemahaman dengenai konsep pelaksanaan asesmen serta meningkatkan kemampuan individu untuk menjadi seorang asesor, melalui serangkaian aktivitas dan latihan, seperti wawancara, observasi, dan pembuatan laporan.

Outline:

  • Prinsip Assessment Center Method
  • Assessment Tools
  • Kegiatan simulasi berpikir
  • Prinsip dan latihan wawancara berbasis kompetensi
  • Menyusun panduan wawancara
  • Popcorn Interview
  • Pembuatan Laporan Wawancara
  • Menyusun panduan observasi dan latihan observasi
  • Kegiatan simulasi interaksi
  • Pembuatan laporan

Durasi: 6 hari

Deskripsi:

Program sertifikasi ini memberikan pemahaman terkait pelaksanaan konseling yang efektif untuk para konselor internal di tempat kerja.

Outline:

  • Konsep konseling
  • Hakikat coaching dan konseling
  • Sikap dan Karakter konselor
  • Teknik membangun rapport
  • Latihan observasi dan mendengarkan aktif
  • Teknik mengidentifikasi masalah
  • Latihan konfrontasi
  • Teknik menentukan tujuan
  • Teknik memberikan umpan balik
  • Latihan mengenal diri sendiri dan orang lain
  • Teknik menyusun action plan
  • Teknik mengembangkan komitmen antara konselor dan konseli
  • Latihan integrasi/Roleplay konseling
  • Assignment konseling

Durasi: 5 hari

Deskripsi:

Program workshop ini memberikan peningkatan dan pemahaman wawasan dan kompetensi dalam memberikan umpan balik hasil asesmen secara lebih efektif dan membangun kepada asesi.

Outline:

  • Konsep Coaching
  • Proses Coaching for feedback
  • Praktik Coaching

Durasi: 2 hari

Deskripsi:

Program workshop ini memberikan pemahaman dalam membahas konsep analisis beban kerja, sehingga perusahaan dapat menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan.

Outline:

  • Pengertian Workload Analysis (WLA) dan Mental Workload (MWL)
  • Output dan Manfaat WLA dan MWL
  • Hambatan dan keterbatasan WLA dan MWL
  • Pendekatan dan Metode WLA dan MWL
  • Me-review proses bisnis dan job description
  • Fungsi jabatan, tugas pokok, tanggung jawab, dan aktivitas
  • Tugas pokok, tugas tambahan, tugas lain-lain, dan allowance
  • Tugas Harian, tugas berkala, dan tugas insidentil
  • Jenis dan satuan output, volume tugas, satuan waktu, dan waktu standar
  • Kondisi normal (rata-rata: mean, median, dan modus)
  • Waktu kerja, waktu tersedia, dan waktu kerja efektif
  • Kategori beban kerja
  • Instrumen WLA dan MWL
  • Simulasi pengukuran beban kerja dan penghitungan kebutuhan SDM
  • Latihan pengukuran beban kerja dan penghitungan kebutuhan SDM

Durasi: 2 hari

Deskripsi:

Mental health webinar series mengangkat tema-tema relevan dan menarik yang sedang terjadi di lingkungan sosial. Melalui webinar regular yang dilakukan tiga bulan sekali, LPTUI berharap dapat menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Mental health webinar series sebelumnya mengangkat tema “Resesi Global = Resesi Kesehatan Mental?” bersama Tika Bisono dan “Self-Love: Happiness Starts with You” bersama Inez Kristanti. Sedangkan Webinar Regular LPTUI sebelumnya pernah mengangkat tema “Menjadi Asesor Kompetensi yang Andal”

Durasi: 1 hari

Klien Kami

Beberapa pengguna layanan kami dalam lima tahun terakhir ini:

Jika Anda telah berbelanja dengan kami sebelumnya, silakan masukkan detail Anda di bawah ini. Jika Anda pelanggan baru, silakan lanjut ke bagian Penagihan.

Keranjang Kamu Kosong

Tidak ada produk di keranjang Anda.